Membuat dan Merawat Masker Kain Sendiri

Pada awalnya anjuran penggunaan masker pada masa pandemi ini ditujukan kepada orang yang sedang sakit saja agar mereka tidak menularkan pada orang lain. Namun saat ini masker dianjurkan untuk dipakai semua orang tanpa terkecuali apa lagi ketiga bepergian ketempat umum yang memungkinkan untuk bertemu orang lain. Ketika sedang berada dirumah tidak diwajibkan untuk menggunakan masker. Jenis masker yang dianjurkan adalah masker bedah yang memiliki tiga lapisan dengan sisi luar yang hidrofobik atau tahan air, filter pada layer ke-2. Namun jika kesulitan mendapatkan masker bedah Anda dapat menggunakan masker kain. Masker dengan bahan kain kini sudah banyak dijual, tapi jika ingin berhemat Anda dapat membuatnya sendiri dirumah, berikut caranya.

Cara membuat masker berbahan kain sendiri di rumah :

  • Siapkan alat dan bahan seperti, kain katun, pita elastis atau karet, gunting dan mesin jahit.
  • Buat pola persegi panjang pada kain dengan ukuran 12 x 6 cm (sesuaikan dengan lebar wajah Anda dan usahakan sampai menutupi pangkal hidung hingga bawah dagu)
  • Potong pola, kemudian jahit lipatan masker dan jahit jiga tepi bagian bawahnya.
  • Pasangkan karet pada kedua sisi samping masker sebagai pengait ke telingga.
  • Agar masker tahan lama dan jahitannya tidak cepat lepas, ulangi jahitan terutama pada bagian yang dipasngkan karet.

Masker dengan bahan kain cukup ramah lingkungan karena dapat dipakai berulangkali asalkan dicuci terlebih dahulu. Cara mencuci masker kain juga perlu diperhatikan dan tidak boleh sembarangan. Cuci masker menggunakan air panas dan ditergen untuk menghilangkan virus dan bakteri yang menempel. Selanjutnya keringkan masker dibawah sinar matahari. Usahakan untuk segera mencuci masker apa bila selesai digunakan bepergian jangan dipakai berulangkali tanpa dicuci.