Jenis-Jenis Scanner yang Wajib Anda Tahu

Pada zaman sekarang scanner menjadi alat yang sangat penting, karena scanner berfungsi sebagai alat pemindai dokumen atau objek secara fisik ke dalam bentuk digital dan dapat disimpan di dalam komputer.

Scanner sendiri memiliki banyak jenis dan juga bentuk. Tidak seperti yang selama ini kita bayangkan, trmasuk scanner lembar jawaban komputer. Nah, artikel kali ini kami akan menjelaskan jenis-jenis scanner yang perlu untuk diketahui.

1.Scanner drum

Dari sekian banyak jenis-jenis scanner, scanner drum ini yang paling mahal dan paling sulit ditemukan di pasaran. Kemampuan mesin scanner ini sangat mumpuni karena mampu menghasilkan resolusi gambar yang luar biasa bagus. Scanner mampu menghasilkan hasil scan dengan resolusi mencapai 24.000 ppi atau pixel per inch. Tidak heran jika hasil scan dari mesin scanner ini sangat detail, jelas, dan beresolusi tinggi. Kekurangan dari scanner ini adalah karena ukurannya yang sangat besar, sehingga tidak praktis untuk penggunaaan sehari-hari.

2.Scanner flatbed

Scanner ini memiliki bentuk yang rata dan juga datar, seperti tempat tidur. Jenis scanner ini merupakan scanner yang biasa ditemui di kebanyakan perkantoran dan yang paling banyak digunakan saat ini. Scanner ini memiliki ukuran yang kecil dan juga kompak, dan cocok dengan ukuran kertas standar, seperti legal dan juga letter, hingga kertas A3. Kelebihan dari scanner ini adalah harganya relatif murah, hemat listrik dan daya, serta hasil resolusi dari objeknya juga cukup baik.

Selain kelebihan tersebut, scanner ini juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu hanya dapat menscan pada satu sisi objek saja dan tidak efektif untuk melakukan pemindaian dari banyak objek.

3.Film scanner

Film scanner adalah scanner yang hanya dapat melakukan pemindaian untuk objek yang bentuknya film negative. Sehingga scanner ini dapat mengkonversi dan merubah objek yang tersimpan di dalam film negative menjadi bentuk digital dan bisa anda simpan di komputer anda. Harga dari scanner ini tergolong mahal dengan kemampuan yang hanya mampu memindai objek berupa film negative.

4.Roller scanner

Fungsi dari Roller scanner sama dengan flatbed scanner, yaitu untuk melakukan pemindaian dokumen atau gambar yang berbentuk lembaran. Perbedaannya hanya pada metode yang digunakan.

Demikianlah uraian mengenai jenis-jenis scanner pada postingan kali ini. Untuk penggunaannya, anda tinggal memilih jenis mesin scanner yang sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk lebih detailnya silahkan lihat scanner LJK.