Fasilitas Rumah Duka Filemon

Rumah duka filemon

Mengurus jenazah memiliki sejumlah ritual tradisi adat dan budaya sendiri-sendiri. Ritual yang diperlukan bisa cukup rumit terutama untuk etnis tertentu. Bahkan, bisa jadi tidak mungkin keseluruhan ritual ini dilakukan seorang diri oleh pihak keluarga saja. Untuk itulah diperlukan jasa rumah duka Filemon guna mengurus jenazah anggota keluarga.

Pemilihan rumah duka ini bisa karena fasilitasnya yang lengkap. Sebut saja mulai dari peti mati serta perlengkapan sembahyang lainnya. Rumah duka juga akan menyediakan ruangan guna menaruh peti mati, kru yang bertugas selama 24 jam dalam menjaga peti mati, upacara serta doa-doa, hingga disediakan makanan dan juga minuman untuk orang-orang yang datang melayat.

Menggunakan fasilitas rumah duka tidak akan merepotkan keluarga yang sudah ditinggalkan serta keluarga bisa dengan tenang beristirahat di rumah sendiri secara nyaman.

Begitu Juga dalam memilih Lahan makam, Bagi yang tidak ingin di Repotkan dalam pengurusan tanah makam bisa milih memakamkan di makam swasta seperti San diego hills

Dalam proses menunggu pemakaman, peti mati berisi jenazah akan disemayamkan dan disembahyangi menggunakan doa-doa dan juga ritual sesuai agama masing-masing. Pihak rumah duka akan turut menggunakan jasa rohaniawan yang sudah disediakan secara khusus dalam pembacaan doa ini.

Keluarga almarhum juga bisa memilih apakah hendak menaruh peti mati di rumah duka Filemon atau di rumah sendiri. Apabila jenazah disemayamkan di rumah duka, maka petugas akan datang menjemput jenazah. Namun jika disemayamkan di rumah sendiri, maka petugas yang akan datang dan membawa peti mati agar pengurusan jenazah bisa dilakukan di rumah.

Biaya Yang diPerlukan

Biaya untuk mengurus jenazah di rumah duka terbilang mahal. Kisarannya dapat berada di angka 8 sampai dengan 30 juta rupiah. Biaya ini bahkan bisa lebih tinggi lagi. Komponen paling mahal yang dibutuhkan adalah peti mati. Biaya peti mati bisa mencapai puluhan juta rupiah, tergantung dari jenis kayu dan juga kerumitan pembuatannya.

Dalam tradisi Tionghoa, harga peti mati pantang untuk ditawar. Sehingga, berapapun harga yang disediakan harus dibayar oleh ahli waris. Pihak rumah duka sendiri biasanya sudah menyediakan segala kebutuhan pemakaman termasuk peti mati.

Pemakaman khusus Kong Hu Cu serta Buddha akan turut menyertakan perlengkapan lain yaitu peralatan rumah tangga yang terbuat dari kertas yang akan dibakar pada saat proses pemakaman.

Keberadaan rumah duka Filemon dapat membuka peluang usaha lain di sekitarnya atau menimbulkan multiplier effect. Sebut saja mulai dari jasa pembacaan doa, iklan media massa, karangan bunga hingga perias mayat.

Semuanya akan sama-sama tumbuh di samping rumah duka karena jasa-jasa tersebut amat dibutuhkan dalam proses pengurusan jenazah. Rumah duka juga akan turut dibutuhkan mengingat gaya hidup di kota-kota besar yang sangat menuntut kepraktisan serta efisiensi sehingga usaha ini bisa berkembang secara baik.

Usaha rumah duka terbilang menjanjikan karena pemain yang masih relatif sedikit. Mengingat jasa mengurus jenazah banyak dipakai oleh etnis Tionghoa atau keturunan China, maka lokasi usaha juga biasanya tidak akan jauh-jauh dari tempat tinggal komunitas orang-orang China.

Rumah duka juga menyediakan tim yang dapat menangani klien dari agama manapun sehingga jasa ini tidak hanya terbatas bagi mereka yang berasal dari etnis China saja. Pihak pengelola cukup menyediakan tempat, perlengkapan sembahyang, peti mati serta kru yang memiliki skill dalam mengurus jenazah.

Klien bisa datang sendiri dengan mengunjungi atau menghubungi rumah duka. Rumah duka sudah termasuk umum ditemukan di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya. Demikian informasi terkait rumah duka yang dapat digunakan.